Tips Merawat Alat Makeup untuk Mencegah Jerawat

August 23 2021 – Aqua+ Series Indonesia

<b>Tips Merawat Alat Makeup untuk Mencegah Jerawat</b>

Tips Merawat Alat Makeup untuk Mencegah Jerawat

Kondisi dan kebersihan alat makeup menjadi faktor penting yang turut mempengaruhi penampilan kamu lho. Kuas yang bersih akan memberikan pulasan blush on yang bagus dan merata, lipstik yang bersih akan memaksimalkan warna pada bibirmu dengan sempurna. Jadi selain demi hasil dandan yang baik, kebersihan alat makeup menjadi faktor higienis yang mencegah timbulnya infeksi, jerawat, dan hal-hal yang pastinya tidak kamu inginkan. Aqu mau berbagi beberapa tips untuk merawat kebersihan alat makeup disini, mari kita simak!

 

Kamu bisa tampil cantik maksimal dengan alat-alat makeup yang bersih.

Air Hangat + Sabun

Semudah dan sesederhana air hangat dan sabun bisa memberikan manfaat yang signifikan bagi perawatan alat makeup kamu. Pastikan kamu mencuci brush/kuas dan spons setidaknya seminggu sekali dengan merendam dan membersihkannya menggunakan air hangat dan sabun. Bersihkan alat makeup kamu secara menyeluruh ya, jangan hanya di bulu kuas atau bagian yang menyentuh kulit wajah secara langsung tetapi hingga ke gagang brush tadi. 

Ketika mengeringkan alat-alat ini pun perlu diperhatikan dengan baik. Hindari menaruh brush dengan posisi kuas di atas, ketika dirasa posisi ini akan membuat kuas cepat kering tapi sebenarnya malah akan merusak dasar kuas dengan air yang menyerap. Taruh alat-alat makeup yang baru saja dibersihkan di atas selembar handuk/ paper towel atau dengan digantungkan dalam posisi terbalik. 


Tidak Berbagi Alat

Penting untuk diingat bahwa alat makeup yang kamu pakai merupakan benda pribadi layaknya kamu menggunakan sikat gigi, handuk maupun gunting kuku. Pemakaian alat makeup secara bergantian akan menyebabkan terjadinya pertukaran residu maupun bakteri yang tertinggal di alat tersebut. Kotoran yang tersisa tadi bisa memicu reaksi alergi pada kulit, dari iritasi hingga infeksi. Ingat bahwa kondisi dan jenis kulit setiap orang itu berbeda, jadi selalu pastikan untuk tidak pinjam meminjam alat-alat makeup ya.


Baca Juga: Hindari 4 Kesalahan Perawatan Kulit Berminyak

 

Kompartemen atau laci khusus untuk alat-alat makeup kamu dapat memperpanjang usia pakai.

 

Kompartemen Khusus

Kalau alat kecantikanmu sudah bersih dan selalu digunakan pada kulit wajah kamu saja, hal berikutnya yang perlu dilakukan adalah menaruh alat-alat tersebut dengan baik. Kesalahan yang kerap dilakukan adalah membiarkan alat-alat makeup tadi bertumpuk dalam satu wadah. Alat-alat makeup memiliki berbagai bentuk dan bobot, ada yang kecil dan ada yang besar dan berat. Dengan memisahkannya pada kompartemen yang berbeda, kamu meminimalisir risiko kerusakan dan sekaligus mempermudah pengelompokkan jenis alat.  Manfaat lain dari kebiasaan ini adalah melindungi alat-alat makeup tersebut dari paparan sinar matahari langsung, dimana panas yang terus-menerus dapat merusak kelembutan dan kualitas dari setiap alat makeup kamu.


Jadi, selain terjaganya kebersihan dan memastikan pemakaian makeup yang sempurna di wajah kamu, rutinitas seperti ini dapat memperpanjang usia pakai dari alat-alat makeup tersebut. Saatnya kamu bebas jerawat, tampil cantik bersih dan menjadi skincare lover yang cerdas.

Tagged: Aqua+ Series, Beauty News, Health & Beauty, Kulit Wajah, Pandemi

0 comments

Leave a comment